Miranda Priestly yang diperankan Meryl Streep dalam film drama-komedi The Devil Wears Prada menjadi salah satu karakter perempuan pemimpin paling menonjol dalam budaya populer. Priestly, yang disebut-sebut terinspirasi dari Anna Wintour, editor majalah mode terkemuka Vogue, digambarkan sebagai bos perempuan yang pendapatnya sangat dituhankan di dunia mode. Satu kata dari Priestly mampu membuka atau membunuh karier seseorang.
Sayangnya, dari kacamata sang asisten, Andy Sachs (Anne Hathaway), Priestly mencerminkan stereotip bos perempuan yang sadis, dan dia rela melakukan apa pun untuk tetap mempertahankan kekuasaannya. Meskipun begitu, ada satu kutipan dari Sachs yang menunjukkan kebenaran tentang perempuan di posisi pemimpin. Bahwa Priestly diberi label dragon lady oleh media berdasarkan kehidupan pribadinya dan kekejamannya, tapi situasi akan berbeda jika karakteristik Priestly dimiliki pemimpin laki-laki. Dalam fiksi maupun dunia nyata, seksisme terhadap perempuan di posisi pemimpin menjadi ancaman yang terus hadir.
Selain Priestly, ada sejumlah representasi sosok perempuan pemimpin dalam film layar lebar maupun televisi, baik yang terinspirasi dari tokoh di dunia nyata, seperti Margaret Thatcher—juga diperankan Streep dalam The Iron Lady—hingga karakter fiktif seperti Daenerys “Mother of Dragon” Targaryen (Emilia Clarke) dalam serial Game of Thrones.
Meskipun begitu, hasil riset gabungan Plan International dan Geena Davis Institute on Gender and Media, Rewrite Herstory (2019), menunjukkan bahwa jumlah karakter pemimpin laki-laki di layar kaca masih lebih banyak, yakni 42 persen, sementara perempuan 27 persen saja. Meski di sisi lain, pemimpin perempuan ditunjukkan lebih cerdas daripada laki-laki mencapai 81 persen banding 62 persen.
Baca juga: Tokoh Perempuan Disney Masih Terjebak Stereotip Negatif Perempuan Pemimpin
Laporan tersebut menganalisis 56 film terlaris tahun 2018 di 20 negara, termasuk Amerika Serikat, Peru, Uganda, Vietnam, dan Jepang. Laporan ini bahwa menemukan secara garis besar, jumlah karakter laki-laki melebihi jumlah perempuan dan juga memiliki dialog lebih banyak dibanding perempuan. Untuk kedua kategori tersebut, perbandingan mencapai 67 persen dan 33 persen.
Perempuan pemimpin jadi objek seksual
Jika karakter perempuan pemimpin muncul dalam film, mayoritas di antaranya berada di ranah domestik dan mengukuhkan stereotip perempuan sebagai caregivers dan laki-laki adalah kepala keluarga. Dalam ranah domestik ini pula perempuan terlihat sebagai pemimpin yang lebih baik, pekerja keras, dihormati, dan lebih disukai.
Namun, perempuan pemimpin juga digambarkan tidak seefektif pemimpin laki-laki, serta cenderung diobjektifikasi secara seksual melalui lensa kamera. Secara verbal, mereka juga lebih rentan menerima pelecehan seksual, digambarkan mengenakan pakaian terbuka (30 persen dibanding 7 persen laki-laki), bahkan dua kali lebih sering ditampilkan setengah telanjang dibanding tokoh bos laki-laki.
Sebelumnya, penelitian lain dari Geena Davis Institute on Gender and Media tentang karakter perempuan dalam film, Gender Bias Without Borders (2015), juga menunjukkan seksualisasi karakter perempuan terjadi dalam rentang usia 13 sampai 39 tahun. Mereka sering ditampilkan dengan pakaian seksi dan dalam takaran ekstrem, dengan setengah bahkan telanjang untuk dinilai cantik dan kurus. Sementara itu, perempuan dalam jenjang usia paruh baya lebih jarang diseksualisasi dibandingkan tokoh remaja maupun dewasa muda.
Baca juga: Mahalnya Biaya Perjalanan ke Kantor Bebani Ibu Bekerja, Sebagian Putuskan ‘Resign’
“Usia muda dan kecantikan menjadi dua komponen penting dalam cara menampilkan perempuan dalam sinema. Fokus ini menjadi problematik karena memperhatikan bagaimana di ruang kerja persepsi kompetensi seseorang dikaitkan dengan aspek penampilan,” tulis laporan tersebut.
Melalui hasil analisis film dari Plan International dan Geena Davis Institute posisi kepemimpinan menjadi ranah yang didominasi laki-laki dan gagal menunjukkan dimensi perempuan dan pemimpin yang tidak lepas dari objektifikasi untuk male gaze.
Representasi media tentang perempuan pemimpin
Representasi perempuan sebagai objek seksual di media sudah menjadi pertarungan lama dan butuh dihentikan karena media memiliki pengaruh akan cara perempuan maupun anak perempuan memandang diri mereka. Selain itu, stereotip gender tipikal dan problematik yang direpresentasikan akan sangat berbahaya untuk ambisi perempuan. Hal tersebut mampu mencegah mereka berkiprah di ranah profesional serta memenuhi potensinya.
“Menjadi sangat penting agar kita tidak lagi menciptakan cerita yang mengajarkan bahwa perempuan dan anak perempuan adalah masyarakat kelas kedua, tidak saat melihat seksisme di budaya kita yang ditampilkan begitu mengerikan,” ujar Geena Davis, aktor dan pendiri Geena Davis Institute on Gender and Media dalam laporan bersama Plan International.
Baca juga: Beban Pekerja Perempuan Generasi ‘Sandwich’ Berlapis
Untuk memberikan representasi perempuan pemimpin berdaya dan tidak diseksualisasi, maka harus memberi lebih banyak visibilitas karakter perempuan maupun perempuan yang bekerja di balik layar perfilman untuk memperkaya narasi pemimpin perempuan.
Hasil riset dari Center for The Study of Women in Television and Film mengenai data statistik film dalam festival sepanjang 2019-2020, Woman Behind The Scenes, menyebutkan jika terdapat setidaknya satu sutradara perempuan, maka persentase kru produksi perempuan akan ikut tinggi. Dalam film dengan sutradara perempuan terdapat 73 persen penulis skenario perempuan dibandingkan 12 persen dalam film oleh laki-laki. Sama halnya dengan editor (43 persen banding 18 persen) dan sinematografer (27 persen banding 8 persen).
Mendukung urgensi hadirnya ruang perfilman yang lebih setara banyak digaungkan kampanye untuk mendukung representasi perempuan yang baik, seperti 4% Challenge, sebuah tantangan untuk mempekerjakan lebih banyak pekerja film perempuan. Selain itu, gerakan anti-kekerasan seksual dan mendukung ruang kerja tanpa diskriminasi, Time’s Up yang melahirkan kampanye Time’s Upx2 untuk mendorong perempuan menduduki kursi pemimpin di ranah yang kurang merepresentasikan mereka.
Mengutip ucapan Davis bersama The Guardian tentang media yang memberi gambaran positif tentang perempuan: “Menurut saya, kita tidak punya cukup banyak panutan perempuan di posisi penting untuk membentuk perubahan di dunia nyata, maka kita harus memilikinya dalam fiksi agar hidup meniru seni,” ujarnya.